Sistem dan Struktur Organisasi

  • by Redaktur Web FEB ULM
  • Profil
  • Feb 24, 2018
Sesuai dengan Keputusan Mendikbud No. 0176/0/1995 yang kemudian diperbaharui dengan Keputusan Mendiknas No. 203/0/2003 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Lambung Mangkurat, maka Struktur Organisasi Universitas Lambung Mangkurat terdiri atas senat universitas, dewan penyantun, pimpinan universitas (Rektor), unsur pelaksana akademik, unsur pelaksanaan administrasi, unsur penunjang dan unsur – unsur lain yang diperlukan. Unsur pelaksana akademik pada tingkat Fakultas adalah Dekan, Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II dan Pembantu Dekan III, senat Fakultas, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Tim Kerja, unsur administrasi dan unsur penunjang lainnya.
 
Senat Universitas adalah badan normatif tertinggi dalam Universitas Lambung Mangkurat, sedang di Fakultas disebut senat Fakultas. Tugas Senat Fakultas adalah :
  • Merumuskan rencana dan kebijakan Akademik Fakultas.
  • Melakukan penilaian prestasi dan etika akademik, kecakapan, kenaikan pangkat, dan jabatan serta integritas kepribadian dosen di lingkungan Fakultas.
  • Merumuskan norma dan tolok ukur bagi pelaksanaan penyelenggaraan Fakultas dan menilai tugas Pimpinan Fakultas.
  • Memberikan pendapat dan saran untuk kelancaran pengelolan Fakultas.
 
Fakultas Ekonomi merupakan unit pelaksana akademik Universitas yang mengelola dan melaksanakan 3 (tiga) Program Studi S1 Reguler, 2 (dua) Program Studi S1 Ektensi, 2 (dua), Program Studi D3 dan 1 (satu) Program Pasca Sarjana Magister Manajemen yang tersusun atas Jurusan, Laborotarium dan Unit pelaksana akademik lainnya. Pimpinan Fakultas adalah Dekan. Dekan mengatur serta memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta membina tenaga akademik, tenaga administrasi, dan mahasiswa. Dalam menjalankan tugasnya, Dekan dibantu Pembantu Dekan I yang mengurusi kegiatan akademik, Pembantu Dekan II yang mengurusi bidang administrasi dan keuangan, dan Pembantu Dekan III yang mengurusi bidang Kemahasiswaan, alumni, penelitian dan Kerjasama. Dekan bertanggung jawab kepada Rektor, sedangkan para Pembantu Dekan bertanggung jawab kepada Dekan.
 
Kelancaran tugas-tugas akademik dan administrasi didukung oleh Kabag Tata Usaha yang membawahi Kasubag. Akademik, Kasubag Perlengakapan, Kasubag Kepegawaian dan Keuangan, Kasubag Kemahasiswaan dan Alumni. Agar terjalin koordinasi yang baik dalam penerapan berbagai kebijakan maka secara intensif kerap dilakukan rapat pimpinan (Dekan dengan para Pembantu Dekan) dan kemudian koordinasi kebawahnya dilakukan melalui Rapat Kerja Fakultas yang dihadiri pimpinan Fakultas, jurusan serta pihak-pihak lain yang diberkaitan. Rapat pada tingkat jurusan yang dihadiri semua tenaga jurusan masing-masing juga dilakukan dalam berbagai kepentingan koordinatif. Hal-hal yang bersifat teknis dapat diputuskan dalam rapat kerja Fakultas sedangkan yang menyangkut kebijakan diputuskan dalam Rapat Senat Akademik Fakultas.
 
Kegiatan lain yang dapat digunakan sebagai media komunikasi antara lain rapat yudisium, rapat dewan dosen dan pertemuan informal lain baik dengan tenaga pengajar, tenaga administratif maupun mahasiswa.
Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…