Magang & Praktek Kerja Lapangan

  • by Redaktur Web FEB ULM
  • Mahasiswa
  • Feb 26, 2018

Magang di Instansi Pemerintah / Swasta bagi Mahasiswa Strata 1

Dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30. Dan lebih spesifiknya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Dalam Peraturan Menteri tersebut, Pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Bagi mahasiswa Perguruan Tinggi yang telah memasuki tahun ketiga atau ke empat (semester 5, 6, 7 dan 8), mereka akan melakukan kegiatan magang atau PKL (bagi mereka yang mengambil jurusanD3 di berbagai macam instansi Pemerintah maupun Swasta.

Kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi Mahasiswa Diploma III

Kuliah Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan secara profesional untuk menyelesaikan masalah-masalah pada bidang kompetensinya yang ada dalam dunia kerja, dengan bekal ilmu yang diperoleh selama masa kuliah.

Adapun manfaat dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui atau memahami kebutuhan pekerjaan di tempat kerja praktek;
  2. Menyesuaikan (menyiapkan) diri dalam menghadapi lingkungan kerja setelah menyelesaikan studinya;
  3. Mengetahui atau melihat secara langsung penggunaan atau peranan teknologi terapan di tempat kerja praktek;
  4. Menyajikan hasil-hasil yang diperoleh selama kerja praktek dalam bentuk laporan Praktek Kerja Lapangan; dan
  5. Diharapkan dapat menggunakan hasil atau data-data yang diperoleh pada Praktek Kerja Lapangan untuk dapat dikembangkan menjadi tugas akhir.

Praktek Kerja Lapangan diharapkan dapat dilakukan di organisasi atau instansi atau perusahaan yang mendayagunakan ilmu yang diajarkan di Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat, sehingga mahasiswa dapat memahami prosedur kerja dan menganalisis permasalahan sehingga kemudian dapat merancang sistem dan aplikasi yang sesuai.

Bagi mahasiswa Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat yang akan memprogramkan Mata Kuliah Praktek Kerja Lapangan harus sudah mengambil minimal 80 sks mata kuliah.

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…