Lab. Pusat Pengembangan Akuntansi

Latar Belakang Berdirinya

PPA Usaha pengembangan pendidikan dan praktek akuntansi di Indonesia telah dirintis sejak tahun 1977. Dari hasil evaluasi pada tahun 1984 menunjukkan bahwa hasil/kemajuan yang dicapai selama ini belumlah seperti yang diharapkan, oleh karena itu untuk lebih meningkatkan hasil usaha pengembangan pendidikan dan praktek akuntansi di Indonesia, maka pada awal tahun 1985 diadakan koordinasi dengan tujuan untuk :

  • Memperbaiki standar dan praktek akuntansi disektor Pemerintah dan Swasta.
  • Secara bertahap menerapkan standar dan praktek tersebut.
  • Mengembangkan pendidikan akuntansi dengan sistem yang terkoordinasi dan seragam pada semua tingkatan.

Untuk merespon tuntutan masyarakat akan adanya pendidikan tinggi yang berkualitas dan professional serta keadaan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, maka dalam hal ini Fakultas Ekonomi Unlam berusaha untuk membenahi diri dengan melakukan Self Evaluation (SE) yaitu mengidentifikasi kekuatan yang dimiliki dan memperbaiki kelemahan yang ada.

Hasil Evaluasi Diri tersebut kemudian diikutsertakan dalam Kompetisi Grant yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, hasilnya adalah :

  • Pada tahun 2001 Fakultas Ekonomi Unlam jurusan Akuntansi mendapatkan Grant Due-Like Batch II untuk masa 5 (lima) tahun (2001 s/d 2005).
  • Pada tahun 2001 Fakultas Ekonomi Unlam jurusan Akuntansi dan Manajemen mendapatkan kembali Grant Technological and Professional Skill for sector Development Project (TPSDP) Batch I Asian Development Bank (ADB) untuk masa 4 (empat) tahun (2002 s/d 2005).

Pemanfaatan kedua grant atau dana tersebut salah satunya adalah untuk mendirikan Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) Fakultas Ekonomi Unlam Banjarmasin dan sejak tanggal 2 Mei 2003 secara resmi dibentuk Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FE Unlam dengan SK Dekan Fakultas Ekonomi Unlam No.131 J08.1.12/PP/2003.

VISI

Pada tahun 2005, disaat persaingan dan teknologi tinggi memainkan peran penting di setiap aspek kehidupan, Fakultas Ekonomi Unlam diharapkan menjadi salah satu Pusat Pengembangan Akuntansi di Indonesia Bagian Timur, khusus dibidang akuntansi dan untuk menghasilkan tenaga-tenaga akuntan yang memiliki moral, masa depan, dan kemampuan dalam teknologi dan sains (keilmuan), berperan serta sepenuhnya dalam pengembangan keilmuan.

MISI

  • Menghasilkan lulusan dibidang akuntansi yang akan memiliki kompetensi tinggi dalam hal menganalisis, mengevaluasi dan memformulasikan isu-isu akuntansi kontemporer yang berkembang.
  • Berperan serta sepenuhnya dalam riset/penelitian dan pengembangan ilmu akuntansi yang memberikan keuntungan bagi pembangunan.
  • Dapat meningkatkan sumber daya manusia dibidang akuntansi dalam hal penerapan otonomi daerah.

Tugas dan Tujuan berdirinya PPA.

Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) sebagai sumberdaya akademik, bertugas untuk membina dan mengembangkan pendidikan akuntansi pada Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri dengan sistem dan teknik yang seragam dan terkoordinasikan mulai dari pendidikan non formal, pendidikan lanjutan tingkat atas sampai ke pendidikan tinggi serta menjalin kerjasama dengan instansi-instansi pemerintah lainnya dan perusahaan-perusahaan swasta guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dibidang akuntansi.

Tugas-tugas yang dilaksanakan PPA pada masing-masing Universitas adalah :

  • Mengadakan kerjasama yang erat dengan jurusan Akuntansi pada masing-masing Fakultas Ekonomi.
  • Mengadakan kerjasama antar Pusat Pengembangan Akuntansi pada masing-masing Universitas yang ada.
  • Mengikuti pengarahan dan pedoman yang digariskan oleh Tim Pengarah Pengembangan Akuntansi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Mengikuti petunjuk dari Pemimpin Proyek Pengembangan Pendidikan Akuntansi dalam melaksanakan kegiatan proyek.
  • Mengkoordinir kegiatan proyek pada masing-masing PPA.
  • Mengadakan kerjasama dengan instansi-instansi Pemerintah lainnya serta perusahaan-perusahaan swasta.

Program Kerja

Program kerja Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, meliputi :

  1. Program Kerja Jangka Pendek
  • Inventarisasi Aset PPA
  • Perpustakaan
  • Diklat/Workshop/Penelitian
  • Non Degree Dalam Negeri.
  1. Program Kerja Jangka Menengah
  • Borang Akreditasi untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Akuntansi.
  • Asistensi pengelolaan keuangan daerah.
  1. Program Kerja Jangka Panjang.
  • Menjalin kerjasama (MoU) dengan seluruh jajaran Provinsi, Pemkot dan Pemkab se Kal-Sel-Teng-Tim.

Struktur Organisasi.

Berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin No. 148/H8.I.12/KP/2007 telah ditetapkan susunan pengelola PPA – FE Unlam untuk masa jabatan periode 2007 – 2009 seperti berikut ini.

  • Penanggung Jawab : Dekan Fakultas Ekonomi UNLAM
  • Penasehat : Ketua Jurusan Akuntansi
  • Ketua : Drs. Ec. Atma Hayat, M.Si, Ak
  • Wakil Ketua : Rismanthoro. SE, M.Si
  • Sekretaris : Rano Wijaya, SE, MSi, M.Fin
  • Wakil Sekretaris : Dra. Ec. Nur Fatiah, M.Si, Ak
  • Bendahara : Dra. Rusma Nailiah, MSi

Staf Ahli Pusat Pengembangan Akuntansi

No N  A  M  A No N  A  M  A
1 Drs. H. Fahmi Rizani, MM, Ak  20 Drs. Abdul Kadir, M.Si, Ak
2 Drs. Sarwani, M.Si  21 Hamdani, SE, M.Si
3 Drs. Ec. H. Gt. Mahfudz, Ak  22 Fatimah, SE, M.Si
4 Drs. Ec. H.M. Djaperi, M.Si, Ak  23 Ade Adriani, SE, Ak, M. Si
5 Drs. Nalem Sembiring, Ak  24 Ahmad Suhaili, SE, M.Si
6 Dra. Rawintan. E.B inti, Ak, M. Com, M.TQM  25 Kasyful Anwar, SE, M.Si
7 Drs. Ec. Atma Hayat, Ak, M.Si  26 Novika Rosari, SE, M. Si
8 Drs. Ec. Ahmad Sayudi, Ak, M.Si  27 Norlena, SE, MSA
9 Drs. Ec. Syaiful Hifni, Ak, M.Si  28 Syaifudin, SE, M. Si
10 Dra. Ec. Nur Fatiah, Ak, M. Si  29 Ayu Octaviani, SE, M.Si
11 Drs. Nurdin  30 Lili Safrida, SE, M.Si
12 Dra. Hj. Isnawati, MM    
13 Dra Sustinah Limarjani, MM  31 Chairina, SE, M.Si, Ak
14 Dra. Rasidah, M.Si  32 Novita Weningtyas, SE, M.Si
15 Drs. M. Apriansyah, MM  33 Pusvita MIS, SE
16 Drs. Rismanthoro, M.Si  34 Yohana Yustika Sari, SE
  17 Noor Hikmah, SE, MSA  35 Monica Rahardian, SE, M.Si
  18 Dra Rusma Nailiah, M.Si  36 Saprudin, SE, M.Si
  19 Ahmad B. Umar, SE, M.Si  37 M. Nordiansyah, SE

Kegiatan – Kegiatan yang Pernah dilakukan

No Tgl. Pelaksanaan Nama Kegiatan Tempat

Kegiatan

Keterangan
1 1 – 2 April 2003 DIKLAT Manajemen dan Akuntansi Keuangan Daerah FE UNLAM Banjarmasin Kerjasama dengan Lembaga Keuda FE. UGM
2 12 – 18 Ags. 2003 DIKLAT General Audit BPD Banjarbaru Kerjasama dengan BPK Banjarbaru
3 24 – 28 Juni 2003 DIKLAT Audit Rekap BPD Banjarbaru Kerjasama dengan BPK Banjarbaru
4 3-4 Maret 2004 DIKLAT Sistem Akuntansi Keuangan Daerah PPA FE-UNLAM

B. Masin

Kerjasama dengan BAKUN

 

5

 

9 – 10 Agustus 2004 Loka Karya Nasional Manajemen & Akuntansi Keuangan Daerah PPA FE-UNLAM

B. Masin

Kerjasama dengan HEDS Project

 

6 17 Desember 2005 Seminar Nasional Transparansi Pengelolaan Keuda dalam Era Otonomi PPA FE-UNLAM

B. Masin

Kerjasama dengan Dir.Pembinaan Jasa Akuntan & Jasa Penilai Dep.Keu.
7 27 – 29 Des.2006 Workshop Penyusunan Neraca Pemkab HST Pemkab HST Kerjasama dengan Pemkab HST
8 1 Mar – 31 Des 2007 Penyusunan Program Akuntansi Komputerisasi PD Baratala Tuntung Pandang – Tanah Laut PD Baratala Tuntung Pandang Kab. Tala – Pelaihari Kerjasama PD Baratala Tuntung Pandang
9 3-5 Sep.2007 Workshop Penyusunan Neraca  Berdasarkan SAP dan Permendagri No.13/2006 di Kotim – Sampit BPKD Kotim – Sampit Kerjasama dengan BPKD Kotim – Sampit

 

10 10 Sep – 10 Des. 2007 Penyusunan Neraca Daerah Tahun 2007  di Kotim – Sampit BPKD Kotim – Sampit Kerjasama dengan BPKD Kotim – Sampit

 

Sekretariat : Lab. Pusat Pengembangan Akuntansi

Jl. Brigjend. H. Hasan Basry Kayu Tangi Banjarmasin 70123

Telp. : 0511 – 3305116 ext.120. Fax. : 0511 – 3306654

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…